Situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lainya yang memberi link yang mengarah ke situs tersebut
Asumsi dasar = "Isi (content) situs tersebut lebih berguna dibanding isi (content) situs lain dalam topik tersebut"
Jadi...
Sebuah situs yang punya PR 9 akan di urutkan lebih dahulu pada topik pencarian tertentu daripada situs yang PR-nya 8 dan
seterusnya (yang lebih kecil)
PageRank ini dihitung dengan skala antara 1-10
Ini nih Konsep Dasarnya
Banyak sekali cara search engine menentukan kualitas (rangking) sebuah halaman web; seperti penggunaan
dokumen, penekanan content dan banyak lagi teknik lain atau gabungan teknik yang bisa digunakan
Link popularity = teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi diatas (berdasar meta tag, meta
description dll) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus yang di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages.
Dengan algoritma ‘PageRank’ ini "setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link yang masuk) dan outbound link (link yang
keluar) dari setiap halaman web"
PageRank punya konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” Inbound dan
outbound link. Pendekatan yang digunakan =
"Sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga
akan jadi semakin penting jika halaman lain yang punya rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut"
Dengan pendekatan PageRank ini proses terjadi secara rekursif yaitu:
"Sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman
web lain yang memiliki link ke halaman tersebut" (rangking merangking, he... he... he... )
Proses ini berarti proses yang terus berulang (rekursif) karena link menentukan (berpengaruh) pada link berikutnya. Jadi disinilah
pentingnya kualitas link, di web ada jutaan (bahkan milyaran) halaman web karena itu sebuah rangking halaman web sebenarnya
ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. (Sebuah proses yang sangat besar dan komplek
di dunia fana ini) :)
Inilah Formulasi PageRank itu (by Lawrence Page & Sergey Brin)
Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Dimana:
PR(A) = Pagerank halaman A
PR(T1) = Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
C(T1) = Jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
d = Damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1
N = Jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex google)
Jadi dari algortima diatas bisa dilihat bahwa:
"Pagerank ditentukan untuk setiap halaman kita dan bukan keseluruhan web kita"
Penjelasan
Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya (yang juga menjalani proses penentuan
rangking pagerank dengan cara yang sama)
Jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.
Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan pada halaman yang dituju, tetapi sebelumnya dibagi
dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata pada setiap link
yang ada pada halaman tersebut.
Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”
Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai
itu lalu dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1
Tujuanya = agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Di ubrak-abrik dari sumber sononya; http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank
Semoga lebih memahamkan dari pada sumber aslinya (karna banyak orang yang menganggap ini konsep yang rumitzzz...) dan
semoga ini nggak dianggep duplikator :D (khan sudah diedit sampe segini. Salam ta'dzim untuk mushannifnya (penulisnya) :)